BLOG SI AMANG
Breaking News
Loading...
Senin, 01 September 2014

Info Post

Perkembangan teknologi yang didukung penetrasi internet mencapai 25 persen dan terus tumbuh, setiap tahun memberikan dampak signifikan dalam perubahan tren pencarian kerja di Indonesia. Hingga 2013, sekitar 82 persen pencari kerja di Indonesia memanfaatkan portal online daripada media cetak.
Demikian disampaikan Managing Director jobsDB Indonesia, Ariadi Anaya, pada acara temu media di Jakarta, Selasa (26/03/2013).
Menurut Ariadi, tren baru itu disebabkan pencari kerja mulai meninggalkan kebiasaan konvensional pencarian kerja melalui media cetak, dan beralih menggunakan internet. Hal itu diketahui, setelah mereka melakukan riset dan kajian untuk melihat kebiasaan dan perilaku pencari kerja di Asia, termasuk Indonesia.
"Di Indonesia sendiri, 82 persen pencari kerja memilih mencari lowongan pekerjaan melalui portal pencari kerja online. Portalonline dinilai menjadi jalan yang lebih mudah mendapatkan pekerjaan, karena selain menemukan spesifikasi yang mereka ingingkan, juga lebih real time," kata Ariadi.
Hal yang sama juga disampaikan Chief Executif Officer jobsDB Group, Adrian Chng. Menurut dia, jumlah kunjungan ke situs portal penyedia layanan lowongan kerja pada tahun-tahun mendatang akan terus meningkat.
"Untuk JobsDB seluruh Asia, sekarang sudah mencapai 12- 18 juta kunjungan setiap bulan. Sementaradi  Indonesia mencapai 30 juta kunjungan per tahun. Kalau melihat perkembangan internet yang sangat pesat di Indonesia, angka tersebut bisa meningkat 30 persen," kata Adrian.
Adrian menambahkan, kesempatan kerja di negara Asia termasuk Indonesia yang sangat besar dan adanya positive change, atau keinginan pencari kerja untuk mendapatkan kondisi yang lebih baik ikut mendorong pertumbuhan itu. Ini berbeda dengan di negara-negara lain yang para pekerjanya memutuskan pindah atau mencari pekerjaan baru, karena kondisi ekonomi di negara mereka yang tidak bagus.
Selain itu, tingginya penetrasi perangkat mobile, sepertismartphone dan tablet yang masuk ke Indonesia, juga mengambil peran dalam perubahan tren itu. Tercatat, dari Januari 2011 sampai dengan Januari 2013, jumlah pengakses lowongan kerja misalnya di jobsDB Indonesia dengan perangkat itu, meningkat tajam sebesar 266 persen. Hal itu terjadi, karena cara mengakses lowongan kerja di internet juga berubah, dari yang biasa menggunakan komputer desktop atau laptop, mulai bergeser ke perangkat mobile, seperti ponsel pintar atau tablet.

0 komentar:

Posting Komentar